Stasiun Beos

Railway Station Square Jakarta Kota 1937.

Tentang BEOS ...

Stasiun kereta api ini dulunya biasa disebut dengan nama B.O.S = Bataviasche Ooster Spoorweg [Batavia Eastern Railway], namun bagi penduduk Jakarta tempo dulu, stasiun ini sering dilafalkan dengan Bé-OS. Kini nama stasiun ini dikenal dengan nama STASIUN JAKARTAKOTA.

Stasiun ini didirikan pada tahun 1929.

Stasiun Beos merupakan salah satu landmark kota Jakarta Tua, didirikan pada awal tahun 1930an, yang juga merupakan lambang dari arstitektur bergaya modern pada masa itu. Merupakan pusat dari semua perjalanan kereta api pada masanya dan juga merupakan stasiun pertama yang dibuat.

Merupakan satu kesatuan dengan gedung disekelilingnya seperti Musium Fatahillah (dulunya merupakan gedung pemerintahan), Musium Seni Rupa (dulunya merupakan Gedung Pengadilan, didirikan tahun 1871), Musium Wayang (dulunya merupakan gereja), Stasiun Beos tidak dapat dilepaskan bahwa ia adalah satu dari saksi kejayaan Batavia Tempo Doeloe dan juga saksi dari perjalanan perkembangan kota Jakarta hingga sekarang ini.

Photo-photo selanjutnya adalah photo BEOS dalam sesi yang berbeda ...

Nederlandsch-Indische Handelsbank"s Asian head office in Batavia (Jakarta) around 1940. Letaknya tepat berada di samping taman yang berada di depan BEOS. Kini gedung menjadi kantor pusat Bank Indonesia. Dan kabarnya gedung ini akan memajang berbagai koleksi produk perbankan, informasi tentang bank sentral seperti tentang masalah moneter serta dilengkapi restoran, kafe dan ruangan resepsi.

Seorang foto model in action dengan latar belakang Stasiun Beos.

Comments :

0 comments to “Stasiun Beos”

Post a Comment

 

ArchaeologyWorld

Label Cloud

Recent Comments